22 September 2006

Ibadah Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan.
Selamat datang wahai bulan Ramadhan.
Bulan yang penuh keistimewaan, begitu banyak kemudahan, begitu banyak fadhilah yang bisa didapat, begitu banyak maghfirah.

Bulan yang memberi kemudahan kita untuk mendapatkan kemudahan memasuki syurga jannatun na'im, dan mempersulit setiap insan untuk memasuki neraka an-nar.

Berbagai ibadah dapat dilakukan di bulan ini: buka shaum, sholat malam, sholat lima waktu, jima' halal di malam hari, tafakkur untuk membangun diri menggapai cita-cita sejati, baca Al-Qur'an dan memahami maknanya, belajar meraih ilmu haq untuk diikuti dan dilaksanakan, belajar ilmu bathil untuk dihindari untuk diingkari, menahan lapar dan haus di siang hari, berperang bagi yang punya kewajiban berperang, berinfaq, bershodaqoh, berzakat, bepergian bagi punya kewajiban bepergian dan berdakwah bagi siapapun. Berdakwah dalam makna mengajak setiap individu yang tertipu untuk berjalan di dalam sabili rabbik (jalan Rabb-nya manusia).

Banyak hal yang bisa kita perbuat di bulan ini. Bukan hanya jenis kegiatannya yang menentukan besarnya pahala yang dapat diraih, namun lebih diutamakan bahwa urusan dunia itu, bukan hanya sekedar berhenti diurusan dunia, tetapi mengalir sampai ke akhirat kelak.

Bulan yang jangan dipakai sebagai legitimasi untuk bermalas-malasan. Bulan yang karenanya banyak para sahabat menangis karena nyaris berakhir. Bulan yang menyatakan pertempuran pertama antara kekuatan Islam dan non Islam, yaitu perang Badar, para sahabat dengan segala susah payahnya meneruskan langkah ke Badar, dan bergerak untuk menyambut pertempuran yang telah ditentukan waktunya oleh Yang Maha Mengatur.

No comments:

Post a Comment