10 November 2006

Pahlawan

Hari ini 10 Nopember 2006, hari peringatan para pahlawan. Sesuatu yang terasa lebih berbeda dibanding biasanya. Sejak kemarin malam telah aku dengar di radio Elshinta 89,3 untuk Bandung, tentang himbauan dari pihak yang berkompeten, yaitu dalam rangka memperingati hari Pahlawan. Caranya sangat mudah: bagi para pengendara dihimbau untuk menghentikan kendaraannya pada pukul 08.15 selama 60 detik.

Saya harus mengantar keponakan balik dari Bandung menuju Serang Banten hari ini. Kalau berangkat terlalu pagi saya pikir, kasihan pada keponakan, hingga diambil keputusan berangkat jam 07. Dan alhamdulillah, perjalanan ke Terminal Leuwi Panjang cukup lancar. Beberapa kemacetan terjadi di sekitar MTC, karena sebuah partai berkostum merah mengadakan acara di sana, mungkin acaranya pengobatan gratis.

Berikutnya kemacetan terjadi di lampu merah Samsat, kalau di sini sih sudah biasa, setiap pagi selalu macet. Karena jalan tak mampu menampung jumlah kendaraan.

Ketika balik dari terminal Leuwi Panjang, sekitar jam 08.14 sampai di perempatan Buah Batu-Soekarno Hatta. Ternyata polisi yang bertugas di tempat tersebut cukup melaksanakan tugas dengan baik. Semua arah dihentikan. Maka beberapa bel pun berbunyi, ah, untuk menambah suasana peringatan ini, aku pencet bel juga bersamaan dengan lampu Hazard. Ramai ....

Inilah hari pahlawan, mengenang kejadian 10 Nopember 1945, yang dipicu oleh matinya Brigjen Mallaby, entah oleh peluru atau oleh bambu runcing. Anekdot pernah diungkapkan berkaitan dengan kejadian tersebut. Mallaby merasa dielu-elukan oleh masyarakat Surabaya. Mereka membawa tongkat-tongkat yang digerak-gerakkan ke atas. Dengan penuh suka cita Mallaby merasa disanjung. Namun apa yang terjadi ternyata tongkat bambu itu ternyata ditusukkan ke badannya. Karenanya matilah dia...

Sesudah kejadian 10 Nopember 1945 itu yang menelan korban yang tidak sedikit, beberapa orang sempat ragu: apakah jika mati karea perjuangan yang demikian ini dapat diterima oleh Yang Maha Kuasa?

No comments:

Post a Comment