Tulisan ini belum sempat saya edit, yang teringat dan langsung saya tulis, jadi seandainya tidak enak untuk dibaca ya harap maklum. Menceritakan tentang Seminar TRANS TV pada hari Sabtu, 18 Nopember 2006:
Peserta mahasiswa dan alumni ternyata benar memenuhi kursi yang disediakan, walaupun tak semua kursi terisi, namun 99% kursi terisi. Dunia televisi memang menarik orang.
Persaingan yg amat ketat di dunia TV menyebabkan bersegera berubah kondisi yang ada, hal ini membutuhkan orang-orang muda yang masih mudah bersegera berubah.
Pembuatan program yang hanya satu jam ternyata membutuhkan waktu dari jam 12 siang s/d jam 01 malam.
Industri TV padat modal dan padat karya (banyak orang yg dilibatkan).
Seniman tetapi seragam, bentuk seragam yg menunjukkan keuletan kerja, pekerja keras, kompak.
Industri TV berkultur barat, yang serba cepat, sehingga tidak boleh terlalu lama ada
Iklan 30 detik utk program Ramadhan harganya 100juta Rp
Rating yg bagus menentukan harga jual, jika rating turun harga iklan turun. Presenter ditentukan oriental look, mojang priangan, atau yang ekstrim sekalian, dll ditentukan oleh penonton, yg biasa saja nggak kepakai.
Dinilai setiap hari Rabu, melalui AC Nielsen
Creative:
- melampaui batas
- gunakan yg ada
- bernilai jual
Pak Ishadi tidak hadir, saya belum tahu kenapanya
AC Nielsen menguasai perusahaan peratingan TV di seluruh dunia, TRANS TV bayar 1,5M setahun.
Program TRANS TV: 80% dibuat sendiri
beli 1 jam ~ 40menit (karena diselang sama iklan) paling murah 250juta Rp.
Investasi hardware 20-35juta$ US utk tingkat regional
HRD:
total 1500 orang, turn over 250 orang termasuk amat tinggi, dianggap sesuatu yg normal saja, bukan hal yg buruk
300orang yg diterima di TRANS TV dari 30000-an, yg gagal karena:
1. Generale Knowledge pdhl What you see what you get
2. Bahasa Inggris ==> SMA
3. Psikologi ==> tidak menjadi diri sendiri
4. Wawancara: news, produksi, transmisi, dll
Yg dicari multi talent©©Alumni STT Telkom: bbrp yg menjadi pejabat transmisi di daerah
Sikut menyikut adalah hal yg biasa di JKT, jadi jangan takut, yg terpenting menjadikan hal itu menjadi tantangan
3 Desember ada rekrutmen di Bandung, mulai www.transtv.co.id
Fans bisa bergabung di Fans TRANS TV
60M, 160M, 300M, 600M, 1T pendapatan
Tidak boleh ada pembatasan utk berpindah/ keluar dari TRANS TV, malah hal ini menjadi kebanggaan, karena harganya naik. Persaingan dgn mantan pegawai TRANS TV.
7 Desember akan dilaunch logo baru
PARA Group (Chairul Tanjung, Wiranto) akan diubah menjadi TRANS CORPORATE utk bermain di media
TV 7 diambil karena kesamaan visi yaitu Nasionalisme
Magang ada, ttp hanya dibatasi 40orang utk satu bulan
21 November 2006
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment