11 August 2006

Prestasi Mahasiswa STT Telkom

Prestasi mahasiswa STT Telkom ternyata cukup membanggakan. Prestasi ini dibuat, baik yang berkaitan langsung dgn kemampuan akademik maupun yang tak langsung berkait dengan akademik. Mulai dari prestasi tingkat daerah maupun tingkat nasional, bahkan internasional.


Beberapa prestasi tahun 2006 yang dapat disebut yang berkaitan langsung dengan akademik, yaitu: 1 medali Emas, 1 medali Perak, dan 1 medali Perunggu dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional (PIMNAS) di Universitas Muhammadiyah Malang, pada bulan Juli ini. Dan atlet STT Telkom yang meraih medali Emas diberikan kesempatan khusus untuk tampil dalam ajang pameran yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dan disokong penuh oleh Dikti untuk mem-paten-kan karya tersebut. Ajang PIMNAS 2006 adalah pertarungan antara lebih dari 5 ribu proposal dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, yang diikuti pula oleh Perguruan Tinggi ternama, baik negeri maupun swasta, seperti ITB, UI, UGM, IPB, ITS, Unair, Unibraw, dsb. STT Telkom mengungguli perguruan-perguruan Tinggi ternama di Indonesia, seperti ITB, Unpad, dll. Bahkan menduduki ranking pertama untuk Perguruan Tinggi Swasta seluruh Indonesia.


Di tingkat wilayah, Kopertis Wilayah IV STT Telkom dikoordinasi oleh Kopertis ini, mahasiswa STT Telkom mendapat penghargaan Juara Tiga Mahasiswa Berprestasi (dulu disebut Mahasiswa Teladan) dan diberi kesempatan untuk hadir pada Upacara 17 Agustus di Istana Negara.


Di bidang komunikasi, English Debate, tim SEC (Student English Club) STT Telkom mendapatkan Juara II tingkat Nasional pada event English Debate at STT AL (Angkatan Laut) Surabaya.


Di bidang olah raga mampu meraih medali Perunggu pada cabang Judo Putri pada Pekan Olah Raga Propinsi Jawa Barat di Kabupaten Karawang pad a bulan Juli yang lalu, padahal UKM Judo berdiri tahun 2003. Saat ini atlet-atlet Judo STT Telkom mempersiapkan diri untuk berlaga di tingkat Nasional, dalam ajang Kejurnas Judo, di Bali pada bulan September 2006.


Sedangkan pada Kejuaraan Futsal Super Soccer Championship 2006 antar Perguruan Tinggi se Bandung Raya mampu meraih Juara IV (Harapan 1), mengalahkan Unpad.


Pada bulan Juni seorang mahasiswa STT Telkom mampu menduduki peringkat 17 dalam ajang Kompetisi Data Mining yang diselenggarakan secara on-line.


Untuk menghasilkan prestasi yang demikian ini, di STT Telkom disediakan fasilitas berupa puluhan laboratorium (lebih dari 30 laboratorium), dan lebih dari 35 organisasi mahasiswa yang diharapkan mampu membantu mengembangkan softskill mahasiswa. Softskill, yaitu skill di bidang: leadership, lifeskill (kemampuan bergaul, bekerjasama, beradaptasi dengan lingkungan masyarakat) dan communication, untuk melengkapi kemampuan hardskill yang disajikan dalam bidang akademik.

2 comments:

  1. pak inget lab kami bukan hanya barang yang dimuseumkan, perlu pembinaan lebih lanjut terutama lab2 riset>>jangan dianaktirikan
    he he he
    =adi if3=

    ReplyDelete
  2. Pak Mahmud saya alumni STTTelkom. Mau komplain sebagai bentuk kepedulian saya thd almamater (meskipun mgkn cuman setitik). Web STTTelkom terus terang jelek sekali, lambat, kurang informatif dan cenderung statis, image2 yang gak efektif. Web suatu organisasi itu (company, institusi etc) seperti first impression kalo kita ngelamar kerja. Jadi sayang 'reputasi' STTT sama sekali gak tergambarkan dari official web-nya.

    Ironis karena banyak (setau saya) almuni2 dan anak2 STTT yang 'best in class' dalam dunia per-web-an (misal : devianart dkk). Jadi mbok ya diganti, setidaknya standard web intitutsi pendidikan yang sangat dinamis...saya yakin insya4JJ banyak kok anak2 STTT (yg masih kuliah) yg mau ngerjain


    Salam, sukses selalu buat STTTelkom

    ReplyDelete