22 August 2006

Musim Gugur



Dulu, kita selalu beranggapan bahwa di negeri Eropa dan teman-temannya, yaitu negeri yang jauh dari garis khatulistiwa mengenal empat musim: panas, gugur, salju dan semi. Dan hal itu hanya berlaku di negeri-negeri tersebut saja.

Jika kita teliti lebih lanjut, ternyata Indonesia pun mengenal musim gugur, anda bisa perhatikan pohon-pohon tertentu akan merontokkan daun-daunnya. Di daerah saya, Pati, yang agak ke Utara terdapat hutan jati. Pada bulan tertentu daun-daun jati akan berguguran dengan banyaknya, sehingga akan ramai suara daun kering terinjak oleh kaki, jika kita melewatinya di bawah pohon jati tersebut.

Dan biasanya pula ayam hutan pun berkokok, kecil suaranya (nada tinggi) melengking, jauh berbeda dengan ayam biasa.

Nah, ternyata pada bulan ini Akhir Agustus (sekarang tanggal 22) 2006, di STT Telkom terdapat pula musim gugur, perhatikanlah banyak pohon yang menggugurkan daunnya. Dan warna daunnya pun menarik, kemerah-merahan, kemudian menjelang rontok akan berubah warna menjadi kecoklatan, dan rontoklah mereka. Tersebar di bawah pohon, menyebar di sekitar, suara berisik akan terdengar jika kita menginjaknya.

Ya, Allah, telah Engkau jadikan musim, sebagaimana Engkau kehendaki, dan telah Engkau putar pula kehidupan manusia, kadang di atas, kadang di bawah. Maka selamatkanlah kami, selamatkanlah kami di dunia dan di akhirat kelak. Kami takut akan siksa-MU, kami takut akan neraka-MU, kami takut gugur dari kehidupan yang menyelamatkan, yaitu gugur dari keimanan. Na'udzu billahi mindzalik. Kuatkanlah kami, teguhkanlah kami dan berilah kami kesabaran untuk terus berusaha menggapai dan mencapai keimanan yang tertinggi. Ampunilah kami.

No comments:

Post a Comment