19 December 2006

Kematian Artis Alda Risma

Artis menjadi amat terkenang oleh diriku, bukan menjadi idola, tetapi membuat selalu ingat, karena kasus-kasus yang menyertainya.

Pelantun lagu 'Aku Tak Biasa' yang bernada melankolis, romantis, dan dinyanyikan dalam video klipnya, dinyanyikan di atas kasur dengan latar belakang air terjun. Sungguh suasana di video klip tersebut amat dan sangat sesuai. Belum lagi ditambah dengan pakaian yang dikenakannya yang memang cukup menonjolkan bentuk tubuhnya.

Aku tak biasa ... ne ne ne ne ... aku tak biasa ...

Suatu saat dia tampil menyanyi dan temanku yang saat itu belum menikah (mungkin saat itu sekitar tahun '92-an), melihat ada keanehan di daerah perutnya. Walaupun dia (temanku) belum menikah, tetapi amat dan sangat yakin bahwa si Alda seperti pernah hamil atau bahkan sedang hamil, padahal kami tahu dia belum menikah.

Entah mengapa sejak saat itu, aku terus ingat.

Heh... kemudian ada acara ulang tahun dirinya yang dirayakan di rumah orang tuanya, rasanya seperti aku masih ingat dia diwawancara di sekitar rumahnya tetapi di latar belakang tanah kosong (atau mungkin lapangan). Di acara ini dia memakai kerudung (jilbab) dan acaranya pun pengajian ibu-ibu. Sungguh aku kaget, di satu sisi temanku mengatakan jika dia seperti wanita yang pernah hamil atau sedang hamil, tetapi dia memakai kerudung, yang berkesan orang sholehah.

Kepenasaranku atas pernyataan temanku bahwa dia begitu, akhirnya terjawab, ketika kemunculan berikutnya adalah berita Alda menikah, padahal dari sisi usia saat itu Alda masih terhitung amat muda, sehingga berita menikahnya tentunya mengundang kontroversi juga. Begitupun kasus Alda memakai kerudung saat acara ulang tahunnya.

Lama aku tidak memperhatikan lagi kiprahnya, bahkan yang katanya dia mengeluarkan album kedua, aku nggak tahu juga.

Tadi pagi (13 Desember 2006) aku lihat di TV si Alda meninggal, dengan luka-luka lebam, dan ada beberapa titik bekas suntik di tangannya. Kontroversinya yang dibuatnya ternyata belum berakhir juga, apalagi ketika berita tentang Alda ditambah dengan kasus tabrakan yang dia lakukan, sehingga BMW warna merah yang ditumpanginya rusak parah.

Inilah kenyataan hidup yang harus dijalani oleh para artis, di persimpangan jalan, padahal kata Ibunya, Alda pernah ingin pulang ke rumah orang tuanya.

Selamat jalan Alda, semoga aku dan keturunanku tidak menjalani hidup sepertimu, na'udzu billahi min dzalik, hidup penuh kontroversi, penuh lika liku.

No comments:

Post a Comment