04 December 2006

Kegiatan Mahasiswa STT Telkom

Dari survei yang Diterbitkan oleh National Association of Colleges and Employers, USA, 2002 (disurvei dari 457 pimpinan). Dengan menggunakan skala 1-5, didapat data sebagai berikut:

1 Kemampuan Komunikasi 4.69
2 Kejujuran/Integritas 4.59
3 Kemampuan Bekerja Sama 4.54
4 Kemampuan Interpersonal 4.5
5 Beretika 4.46
6 Motivasi/Inisiatif 4.42
7 Kemampuan Beradaptasi 4.41
8 Daya Analitik 4.36
9 Kemampuan Komputer 4.21
10 Kemampuan Berorganisasi 4.05
11 Berorientasi pada Detail 4
12 Kepemimpinan 3.97
13 Kepercayaan Diri 3.95
14 Ramah 3.85
15 Sopan 3.82
16 Bijaksana 3.75
17 Indeks Prestasi (>=3.0) 3.68
18 Kreatif 3.59
19 Humoris 3.25
20 Kemampuan Berwirausaha 3.23

Dari 20 item tersebut, ternyata yang benar-benar menunjukkan kemampuan akademik hanya satu item saja itupun pada urutan ke-17, sebuah urutan yang jauh di bawah.

Karena itu kemampuan akademik saja tidak cukup (hal ini bukan berarti, mengecilkan arti IPK), tetapi kemampuan mahasiswa (alumni) haruslah ditambah dengan sekian kemampuan yang lain.

Kemampuan-kemampuan yang lain dapat diperoleh baik di tengah masyarakat, maupun saat mengikuti kegiatan akademik dan non akademik.

Di STT Telkom organisasi mahasiswa yang dapat menunjang kegiatan non akademik ada sekitar 36 organisasi mahasiswa. Sebuah jumlah yang cukup banyak. Sebagiannya berkegiatan hanya bersifat rutin semata, latihan dan latihan, contohnya: Hikmatul Iman (tenaga dalam), Kei Shin Kan (karate), Tae Kwon Do, USBM (Minang), dan beberapa yang lain. Namun ada juga yang kiprah di STT Telkom kurang menonjol tetapi di tempat lain cukup menonjol seperti Judo yang malah mahasiswa menjadi atlet dari dojo yang lain.

Beberapa yang lain amat aktif. Salah satunya BEM yang saat ini menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Mahasiswa STT Telkom, banyak cabang yang dipertandingkan diantaranya: Tenis Lapangan, Bulutangkis, Bola Basket, Futsal (di tahun-tahun sebelumnya rawan terhadap perkelahian), Tarik Tambang, dll.

Pada hari Jum'at yang lalu (1 Desember 2006) saya diminta membuka Warung Komputer HMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri), mereka memberi nama warung tersebut: Mc S (wah aku lupa singkatannya, kalau nggak salah S-nya berarti Solution). Sebuah upaya baru dari organisasi mahasiswa untuk mendapatkan dana dan juga kemampuan berwirausaha. Semoga mereka sukses!

Sabtu malam (2 Desember 2006) di GSG dilakukan Grand Opening Genia Returns, dari sisi nama Genia sebenarnya sudah pula diselenggarakan pada tahun 2006 ini, namun dengan pertimbangan penyebaran waktu yang terlalu mepet dengan Himpunan yang lain, maka HMIF menggeser waktunya menjadi bulan Desember ini. Banyak kegiatan dalam Genia Returns, ada Telkom Cyber Cup, Who wants to be Rich ST2 Telkom, Telkom Programming Contest, dan yang kemungkinan terbesar adalah XL Jambore IT. Genia Returns termasuk sukses dalam menghimpunan pendanaan, banyak sponsor yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Tanggal 29 Nopember 2006 mahasiswa yang berasal dari UKM Basket menyelenggarakan STT Telkom Againts AIDS sebuah upaya untuk membukakan mata mahasiswa dan masyarakat umum tentang HIV/ AIDS. Kegiatan yang dilakukan adalah Kampanye Simpatik di dalam kampus dn di luar kampus, Seminar tentang AIDS pada hari Rabu (6 Desember 2006) dan pertandingan persahabatan Basket antara tim STT Telkom dengan Aspac.

Begitu banyak kegiatan mahasiswa, begitu padat kegiatannya sehingga diharapkan mereka (para mahasiswa) dapat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari keseluruhan kegiatan ini. Mengasah softskill, menambah kemampuan/ wawasan, dll sehingga mereka meningkat dalam berbuat yang positif bagi diri mereka sendiri dan bagi masyarakat pada umumnya. Harapan pula mereka tidak hanya capek dalam mengurus yang bersifat keduniaan semata, namun lebih jauh lagi dengan kegiatan-kegiatan ini merangsang kemampuan dan upaya mereka untuk terus mencapai kesejatian hidup yang sejati, yaitu kehidupan di akhirat nanti. Amiin.

No comments:

Post a Comment