25 February 2009

Terimalah

Dalam salah satu ilmu tasawwuf (akhlak kepada Allah), kalimat: La ilaha illallah diberi makna dalam 4 serangkai, yang pertama adalah: La maujuda illallah (tidak ada yang wujud/ hakiki kecuali hanyalah Allah semata). Maka terimalah apa pun yang terjadi, baik terjadi karena sudah kita prediksi sebelumnya maupun yang tidak kebayang sebelumnya, bahkan yang tak terduga-duga sebelumnya. Semuanya terimalah.

Penjelasan lebih lanjut dari kalimat La maujuda illallah adalah:
Di sini
Begini
Saat ini
saya adalah ciptaan Allah

Tak ada jeda, mestinya, begitu ada kejadian atau terjadi kejadian seperti yang tidak kita inginkan langsung kita terima dengan baik. Ini adalah kondisi ideal. Mengapa? Karena banyak yang begitu menerima kejadian, maka ada jeda waktu untuk menerimanya, sedih dulu, aau gembira dulu, atau yang lainnya.

Demikianlah kejadian yang kurang baik bagi diriku juga terjadi. Hasil lab dari Rumah Sakit yang telah dilakukan hari Senin, ternyata cukup mengagetkan.

Nilaiku Standard
Kolesterol Total 250 < 200
Kolesterol LDL 141 < 130
Trigliserida 265 60 s/d 165
Asam Urat 9,8 3.4 s/d 7.0

Yang mengagetkan tentunya asam urat, sebulan sebelumnya hanya 7,9 (hasil lab dari Kimia Farma) dan sambil minum obat, memang Senin 23 Feb 2009 itu obat asam urat sudah habis, namun melonjak begitu tinggi padahal masih dalam hari-hari minum obat.

Dan yang patut disyukuri Trigliserida yang mengalami penurunan padahal sebelumnya mencapai angka di atas 300 (314).

Entahlah apa yang terjadi pada diriku. Apa yang aku makan, apa yang aku konsumsi, apa yang aku kerjakan. Memang jari tanganku sering terasa panas dan kaku, jempol kakiku pun sakit ketika terkena benda dengan agak keras.

Tetapi kejadian ini memang harus diterima. Inilah jika menerimanya karena Allah (sebagaimana La maujuda illallah), maka inilah ikhlas, semata menerima apapun yang diinginkan oleh Allah. Tentunya masih ada lanjutan untuk bisa disebut ikhlas. Namun yang pertama dari ikhlas adalah menerima ketentuan Allah, dan semua adalah dari Allah.

No comments:

Post a Comment