13 February 2009

Minggu Pertama Mengajar

Setelah Senin dan Selasa di luar kota, yaitu Surabaya, dalam rangka mencari tahu bagaimana melaksanakan PHK I, mulai hari Rabu 11 Februari 2009, saya mulai mengajar.

Hari ini, Jum'at, kembali aku akan mengajar di kelas TT-32-05 matakuliahnya, sebuah maakuliah yang telah bertahun-tahun saya mengajarnya, yaitu Aljabar Linier, nama ini tentunya bagi mahasiswa Matematika dari perguruan tinggi gajah duduk amat menakutkan, entah sekarang..., dahulu untuk mengambil matakuliah dengan nama Aljabar Linier maka dibutuhkan rata-rata 3 semester supaya lulus. Namun yang diajarkan di IT Telkom, bukan Aljabar Linier yang dimaksud di Gajah Duduk, tetapi yang sekiranya setara adalah matakuliah Aljabar Linier Elementer.

Pada hari Rabu, sungguh menarik juga jam 9 mengajar diisi kontrak belajar, mengenai seluk beluk aturan dalam kuliah sehingga dapat berhasil dalam bidang hardskill maupun softskill-nya. Dan sedikit materi tentang Matriks. Sebuah materi pengulangan dari yang didapatkan d SMA dahulu.

Namun untuk giliran jam 15, ternyata mahasiswanya kosong, nggak ada satupun yang masuk sekalipun aku tunggu sampai sekitar jam 16.30. Setia juga aku menunggu mahasiswa. Mungkin akibat hari Senin aku nggak masuk kuliah. Padahal aku telah meng-sms Ka BAA yang mengurusi administrasi perkuliahan bahwa pada hari Senin dan Selasa, mohon diumumkan matakuliah yang aku ajar, untuk hari-hari tersebut tidak kuliah dulu, berhubung aku ada di Surabaya.

Hari ini, ternyata aku masuk ke dalam kelas, dan amat jarang mahasiswanya, mungkin mereka masih terbawa pula dengan kasus hari Selasa, yang pagi-pagi hadir, namun tak ada kuliah. Atau mungkin mereka pada terlambat. Namun kabar dari mahasiswa, bahwa pada hari Selasa ada berita bahwa saya tidak mengajar selama seminggu. Walah berita dari mana nih?

Rencananya hari ini aku memberikan kontrak belajar, supaya semua nyaman dalam menghadapi hari-hari mendatang dan juga sedikit mengingat tentang Matriks, karena target dalam silabus minggu ini materi Matriks harus sudah selesai.

Selamat belajar para mahasiswaku, janganlah belajar hanya dalam materi kuliah saja, belajarlah banyak hal, toh... hidup di dunia ini tidak bisa untuk hanya satu sisi saja. Namun yang utama adalah bagaimana bisa hidup dengan selamat di dunia maupun di akhirat kelak. Tentunya cita-cita inibukanlah hanya sekedar dalam omongan semata, harus bisa dijalani dengan sepenuh hati, sepenuh jiwa dan sepenuh fisik yang menyertai kita. Selamat!

No comments:

Post a Comment