20 February 2009

Bukuku Tinggal Sedikit Lagi Terbitnya

Alhamdulillah, bertahun-tahun menanti sejak STT Telkom (saat itu masih seperti itu namanya) menjalin kerjasama dengan salah satu penerbit yang bonafide tingkat nasional. Dan penerbit tersebut memang terkenal membuat buku-buku yang menarik tingkat Perguruan Tinggi. Dulu berangkatnya dari karya terjemahan para dosen. Namun sekarang sudah mulai bergeser ke buku-buku karya dalam negeri. Mengingat karya terjemahan tentunya mempunyai masalah tersendiri, karena bahasa yang kurang pas, maka jiwa buku tak mampu dipahami dengan baik oleh mahasiswa. Selain itu, penerbit ini juga terkenal membuat buku-buku untuk anak sekolah SD, SMP dan SMA yang terkenal soalnya susah-susah.

Ya bertahun-tahun, karena masuknya tahun 2006. Beberapa temen bahkan menyarankan sudah kirim saja ke penerbit lain. Wah, nggak mungkin itu dilakukan, mengingat proses sudah berjalan cukup lama. Bisa-bisa mulai dari awal lagi. Terlalu lama.

Memang ada rekan yang seiring menyerahkan draft buku pula kepada kerjasama tersebut. Dialah yang banyak berperan untuk selalu kontak dengannya. Sampai akhirnya di tahun 2008, Kepala Divisi Jabar Banten datang ke IT Telkom, selain memperkenalkan diri, beliau juga mencoba mengingatkan bahwa ada buku yang akan diterbitkan. Jadilah, pengharapan itu tumbuh kembali. Dan alhamdulillah....

Hari Kamis kemarin 26 Februari 2009, saya telah menyerahkan draft buku yang telah saya koreksi. Berat memang, buku Matematika kok diketik ulang. Makanya setiap halaman pastilah ada yang salah. Ngoreksi yang pakai tinta merah membuat selalu berwarna setiap halamannya.

Beberapa penjelasan saya tambahkan. Konsistensi penulisan pun harus dilakukan. Dari sisi isi ada yang belum masuk, namun pertama harus terbit dahulu, kalau harus sempurna, rasanya nggak akan pernah terbit. Itulah mengapa ada edisi.

Ayo siapa-siapa yang membutuhkannya siap-siap beli ya... Jangan fotocopi.

Tintaku telah tertoreh di hati bumi ini. Semoga bermanfaat dan berguna bagi para pencari kebenaran. Nama bukunya: Aljabar Linier Dasar.

No comments:

Post a Comment