20 August 2008

Presiden Hadir di geMasTIK

Mungkin belum saatnya berita ini ditulis, tetapi rasanya nggak baik jika rekan-rekan mengetahuinya setelah waktu yang mepet.

Kami beritahukan kemarin, Selasa 19 Agustus 2008, yang saat itu saya sedang keluar kantor, telpon flexi berdering yang memberitahukan bahwa Kita (panitia geMasTIK) diundang oleh Sekneg (Sekretariat Negara), yang intinya mereka ingin tahu kelayakan Pembukaan Acara Final geMasTIK dilakukan oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Maka bergegas aku balik ke kampus. Jalan Soekarno Hatta yang macet, menyebabkan aku berulah menyetop sepeda motor dan nitip bokong hingga perempatan Buah Batu. Aku pikir taksi ada yang stand by, namun tak ada. Aku telpon ke Blue Bird, namun nada ragu dari operator menyebabkan aku mengambil pilhan naik angkot. Dua kali aku naik angkot, biru dan hijau. Sampai PGA harus juga segera sampai di IT Telkom. Apa akal? Tak sulit, ada mahasiswa yang sedang memarkir sepeda motornya, aku minta dengan kerelaan hatinya untuk mengantarku ke IT Telkom. Ah... berhasil perjalanan ini. Karena di gerbang masuk, sebuah mobil Honda Accord mengedipkan lampu besarnya.

Honda Accord seri terbaru melaju dengan kecepatan cukup kencang di tol Purbaleunyi, kadang 140 pernah pula 160. Hati berdesir bagi yang duduk di sebelah sopir, kencang terlihat kadangkala tangan yang berpegang pada pegangan tangan di sebelah kiri atas. Tersendat di gerbang masuk tol kota. Macet, karena lebih banyak kendaraan daripada kapasitas jalan. Merayap. Hati berdebar, takut terlambat.

Dalam undangan disebut jam 12.30 acara dimulai di Kantor Sekneg gedung II. Padahal waktu berangkat dari IT Telkom pun berkisar pada pukul 10.00. Undangan dibuka kembali, dan menemukan sesuatu yang sungguh membelalakkan mata. Ternyata yang diundang adalah Dirjen Dikti, Dirjen Aplikasi Telematika dan Dirut PT Telkom. Waduh, kami tak diundang! Disinilah Pak Imam, muncul dengan aksinya bahwa Beliau telah ditelpon dari PT Telkom, dan Telkom minta diwakili dari Panitia sambil berpesan bahwa PT Telkom mendukung acara geMasTIK dibuka oleh Presiden.

Sampai kantor Sekneg tepat waktu! Pas sekali. Rasanya seperti kebiasaan mengantarkan proposal yang dilimit waktu: "Pas!".

Dengan dipimpin oleh Ka Biro Dukungan Informatika acara berlangsung dengan lancar. Ka Biro membuat keputusan bahwa pembukaan acara final geMasTIK dinyatakan layak dihadiri oleh Presiden. Alhamdulillah....
Namun ada catatan yang harus segera dipenuhi dan hal-hal membuat layak dihadiri Presiden, selain membuka acara final geMasTIK:
1. Segera dibuatkan round down acara kehadiran Presiden
2. Masalah pendanaan harus sudah selesai ditingkatkan panitia.
3. Dibuatkan kemasan acara yang menarik, sehingga Presiden layak hadir, jangan hanya sekedar membuka
4. Pencanangan pengembangan STT Telkom menjadi IT Telkom, karena saat pembukaan STT Telkom dilakukan oleh Presiden Suharto. Sekaligus acara grand launching IT Telkom
5. Presiden memberikan keynote speech dalam acara INDECT 2008, untuk itu panitia INDECT 2008 harus segera menyampaikan point-point keynote speech tersebut.
6. Harus dihadirkan 150 Rektor
7. Ada pameran hasil-hasil produk TIK dari berbagai turnamen yang selama ini ada di Indonesia dan para finalis geMasTIK
8. Perlu mendapatkan dukungan dalam bentuk tertulis dari minimal 2 dirjen, yaitu Dirjen Dikti atas nama Menteri Pendidikan Nasional dan Dirjen Aplikasi Telematika atas nama Menteri Komunikasi dan Informasi
9. Perlu dibuatkan dampak yng akan muncul akibat kehadiran Presiden.
Demikian yang bisa saya sampaikan. Semoga rekan-rekan dapat berkontribusi atas rencana ini. Dan semoga Allah memberikan ijin sehingga terlaksananya acara ini.

7 comments:

  1. Wah..langkah besar Pak... :-)
    Sukses buat GemasTIK

    ReplyDelete
  2. waaa, congrats
    smoga kunjungan pak pres-nya jadi ^^
    gut lak for us

    ReplyDelete
  3. wah...mudah2an jadi datang yak pak......
    biar kita nggak kecewa...

    ReplyDelete
  4. Wah makin luar biasa IT Telkom nih, sebagai alumni turut bangga dan senang. Selamat ya... sukses untuk acaranya!

    ReplyDelete
  5. wah, mau ada tamu penting, mari bersih2 rumah tercinta :)

    ReplyDelete
  6. Semoga Presiden menyempatkan diri untuk membuka acara final geMasTIK yang merupakan ajang bidang TIK bagi mahasiswa.
    Salam

    ReplyDelete
  7. Semoga semuanya lancar. Amin.

    ReplyDelete