08 October 2008

Idul Fitri 1429 H

Rasanya sudah rutin acara idul fitri terjadi, begitupun tahun ini (1429H/ 2008M), semua sibuk untuk mudik, sebagian lagi masih menghitung apakah tanggal Idul Fitri akan berbeda-beda? Sungguh tak disangka ternyata waktu Idul Fitri tetap juga berbeda: ada yang sehari sebelum terjadwal dalam kalender, ada yang pas kalender, ada pula yang sehari setelah jadwal kalender, bahkan sampai ada yang tiga hari setelah jadwal kalender. Kondisi ini memang sesuatu yang terasa aneh, mengingat konsekuensi yang akan dihadapi terhadap Idul Fitri. Jika sudah Idul Fitri, maka tidak boleh shaum, bahkan hukumnya HARAM. Namun dengan berbagai pertimbangan nasional, maka kegiatan HARAM pun tidak dipermaalahkan. Mengapa hal ini terjadi? Hal ini salah satu tanda bahwa Islam belum tegak, mengatur, tetapi diatur.

Seperti biasanya juga, pada tahun-tahun sebelumnya, banjir SMS menghadiri handset Nokia Communicator seri 9210i punyaku. Bahkan nyaris aku tidak sempat membacanya. Karena itulah mohon maaf kepada rekan-rekan yang telah mengirim SMS, namun belum sempat dibalas. Saya berhitung begini: jumlah mahasiswa IT Telkom total yang aktif berkisar pada angka 5.500 orang, jumlah alumni IT Telkom sekitar 9.000 orang, kemudian total pegawai IT Telkom menembus angka 350 orang, belum rekan-rekan sejawat, teman sepermainan, teman seperjuangan, teman berkegiatan sosial, teman separtai, dll. Total jenderal adalah angka 20.000 orang, dan dari angka ini ambillah 5% saja, maka penuhlah inbox handset-ku.

Karena itulah, kami (saya dan keluarga) memohon:
Maaf yang sebesar-besarnya atas belum sempatnya saya membalas SMS bapak-bapak, ibu-ibu, adik-adik dan saudara-saudara sekalian. Semoga pemberian perhatian ini dapat memberikan hubungan (interaksi) yang lebih baik lagi pada masa-masa mendatang.
Beberapa gerombolan/ komunitas yang teringat oleh saya telah memberikan SMS antara lain: komunitas Alumni Gamais ITB, komunitas alumni ITB, komunitas alumni MA86 ITB, komunitas alumni STT Telkom/ IT Telkom, mahasiswa SI-32-02, mahasiswa kelas IF-31-01, mahasiswa kelas IF-32-01, mahasiswa IF angkatan 2003, kOmpiLasi (kumpulan orang-orang Pati di Bandung), komunitas milis WOng Pati, Astacala, mantan/ sedang Bimbingan PA/ TA, dan Partai Demokrat. Mohon maaf sekali lagi bagi rekan-rekan yangbelum terwakili. Semoga saya ingat kembai nanti. Dan semoga kita tetap dapat membuat jalinan yang erat.

2 comments:

  1. Minal Aidzin wal faidzin

    Mohon maaf lahir dan batin ya Pak.

    (mantan murid wali)

    ReplyDelete
  2. Sama2. Semoga pada lancar2 dalam bekerja dan berusaha

    ReplyDelete