22 October 2008

geMasTIK 2008

Akhirnya geMasTIK dilaksanakan juga di IT Telkom. Sebuah ajang pergulatan para mahasiswa untuk menghadapi serunya persaingan di dunia TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) event yang dicoba akan terus dilakukan per tahun sekali. Dan event pemiliknya adalah Ditjen DIKTI. Artinya pula boleh jadi, tempat penyelenggaraan akan bergeser setiap tahun.

Sebuah event yang diharapkan memacu dan memicu para mahasiswa untuk terus menggeluti TIK, bidang yang saat ini masih terus berburu kemajuan. Di industri pun, dunia TIK terus bersaing dengan sengit. Lihatlah bagaimana
serunya persaingan dalam memberikan bonus/ diskon para operator seluler GSM/ CDMA.


Event yang dulunya kami beri nama Jambore IT, namun nama ini mengandung kesan hura-hura sebagaimana Jambore pramuka, yang tidak berkesan ilmiah, dll. Sehingga malah diberi nama
geMasTIK (Pagelaran Mahasiswa tingkat Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi). Karena selain yang berwujud lomba yang menunjukkan keseriusan, juga ada Pameran dan Seminar.

Tanggal 22 Oktober 2008 ini telah terpasang berbagai sarana publikasi. Ada Baliho, Umbul-umbul, Spanduk, dll. Lihatlah:


















Tentunya ada perjuangan yang cukup berat untuk menyelenggarakan event yang pertama kali diselenggarakan, dari sisi contoh, memang beberapa sudah ada, namun contoh tersebut kurang lengkap. Dari content penyelenggaraan pun belum begitu baik definisi dan tools yang bisa digunakan.

Dari sisi kemasan beberapa kali dilakukan terobosan, misalnya dari sisi yang membuka acara, telah diusahakan dengan sungguh-sungguh agar Presiden selaku Ketua Dewan TIK Nasional dapat hadir, dan nyaris menghasilkan keputusan akan kehadiran beliau, namun ternyata ada halangan yang tak sanggup diatasi, minimal waktu yang bergulir terus menyebabkan kehabisan waktu menyiapkan kehadirannya. Harapannya dengan Presiden yang hadir dapat menyedot perhatian seluruh bangsa dan negara.

Tak lupa pula dilakukan upaya dengan menggunakan EO (Event Organizer) untuk masalah-masalah ceremonial, dan didapatkan konfirmasi adanya 40 media massa yang akan meliputnya, mulai dari Radio, Surat Kabar, media web, dan Televisi. Wartawan dari RCTI dan TranTV sudah konfirmasi untuk hadir meliput.

Di jaman ini, saya nggak begitu yakin hanya dengan content acara yang baik saja, kita bisa meraih simpati masyarakat. Lihatlah LINUX yang kurang meriah, akibatnya kurangnya publikasi padahal dari sisi teknologi OS, LINUX dipandang lebih baik dari WINDOWS. WINDOWS terlalu banyak crash yang terjadi.

Pada akhirnya Menteri Pendidikan Nasional yang hadir dalam acara ini. Semoga tidak ada halangan yang menghalang, tidak ada hambatan yang menghentikan acara ini. Berjalan dengan lancar dan sukses. Mohon maaf atas segala khilaf dan kekurangan.

Terima kasih atas dukungan, do'a dan segala bantuan yang telah diberikan.

No comments:

Post a Comment