28 December 2007

Hari Jum'at yang Melegakan

Hari ini, khutbah Jum'at yang disampaikan sang ustadz begitu menarik hatiku. Rasanya begitu lama aku tak pernah mendengar khutbah yang senada seperti hari ini.
Beliau berucap bahwa seluruh hidup sudah ada tuntunannya di Al Kitab. Bisa dilihat pada surat 2 ayat 2.
Menyoroti fenomena yang ada tentang aliran sesat, sebuah pertanyaan yang diucapkan oleh sang ustadz sungguh membuat aku terhenyak, karena pernyataan yang beliau sampaikan: jangan sampai kita menuduh orang lain sesat, tetapi jangan-jangan kita malah yang sesat. Na'udzubillahi min dzalik.
Padahal penggolongan sesat dan tidak sesat sudah nyata ada dan diatur di dalam Al Kitab. Al Kitab artinya adalah aturan, protokol, tata cara, dan undang-undang. Dalam hal ini Al Kitab adalah Al Qur'an. Dengan demikian siapa yang sesat, siapa yang selamat juga sudah jelas pula.
Maka khutbah hari ini ditutup dengan do'a semoga kita diberikan kekuatan dan keteguhan untuk terus berupaya memperbaiki diri, sehingga yang kita kira amal sholeh yang mampu menyelamatkan, kuatir ternyata tidak ada nilainya, karena adanya bersitan ketidakyakinan akan aqidah yang mesti diikuti dan ditaati.

No comments:

Post a Comment