28 August 2007

Bekerjalah! Keluarlah!

Itu yang aku dapatkan ketika bertemu dengan rekan-rekan yang mengurusi tenaga kerja ke Luar Negeri.

Idenya diambil dari negeri Tirai Bambu, China, mereka mengeluarkan generasi mudanya untuk bekerja di Luar Negerinya. Kelemahan jelas terpampang, karena dari sisi tulisan saja mereka (China) berbeda jauh dengan tulisan Latin, berakibat kesulitan utama mereka memang dari sisi bahasa. Namun mereka bisa mengakali dengan cara mengirim bukan untuk satu orang saja, melainkan satu rombongan. Pemerintahnya membantu dengan melakukan koordinasi antar mereka. Sehingga cukuplah satu orang yang mumpuni pada bidang bahasa, yang lainnya, tinggal ngikut. Dan pemerintahlah yang mengatur apapun yang dibutuhkan oleh tim tersebut, termasuk penggajian bagi mereka.

Nah, begitu mereka sudah merasa mampu mandiri, mereka balik ke negerinya dan memabngun negerinya dan sungguh luar biasa, mereka mampu memberikan harga bidang manufaktur dengan harga amat rendah dibanding pesaingnya. Sungguh luar biasa. Negeri yang saat itu pernah menutup diri dari luar, langsung melejit dan menjadi salah satu negeri yang meningkat dengan amat pesat.

Ayolah, generasi muda yang mempunyai kemampuan untuk bermain diluaran, jangan hanya sekedar menjadi jago kandang. Bekerjalah diluar, dan kembalilah membangun negeri!

No comments:

Post a Comment